fbpx

Membangun bisnis sendiri memang tidak mdah, kebanyakan orang masih takut akan kegagalan. Di banding menjadi karyawan bisnis merupakan cara paling ampuh untuk menjadi kaya. Tapi bisnis apa yang cepat merubah menjadi kaya ? Robert Kyosaki penulis Buku Rich Dad Poor Dad, mengatakan ada 4 bisnis yang bisa mengantarkan orang menjadi kaya, keempat bisnis tersebut adalah Bisnis Properti, Saham, Multilevel Marketing dan Franchise

Bisnis waralaba memang di rekomendasikan Robert Kyosaki sebagai jalur cepat menjadi kaya. Pasalnya, bisnis waralaba pada dasarnya adalah mengkopy sebuah bisnis yang sudah proven dan pastinya relative lebih rendah resiko.
Bahkan, dalam sebuah riset yang telah dilakukan, yang melibatkan 387 investor di bisnis franchise ketika di Tanya prospek bisnisnya 48%menjawab bisnis waralaba cukup menguntungkan bahkan 17% menyatakan sangat menguntungkan dan hanya 16% yang bilang kurang menguntungkan dan sisanya lain-lain. Ini bukti bisnis waralaba pilihan terbaik saat ini
Waralaba memang sebuah opsi menarik, apalagi untuk yang belum pernah terjun ke dunia bisnis. Melalui waralaba, anda berinvestasi dalam sebuah system yang mapan, teruji, dan bahkan terbukti keberhasilannya. Dengan waralaba, bisnis anda akan di ajarkan, dibimbing dan didukung penuh oleh pemilik merek atau franchisor.
Tidak sedikit orang yang membeli franchise menuai sukses. Namun sebelum berinvestasi di bisnis waralaba alangkah baiknya mengerti betul konsep bisnis waralab. Pasalnya di Indonesia banyak yang mengaku waralaba padahal belum tentu bisnisnya di kategorikan waralaba. Bisa jadi hanya sekedar pola kemitraan atau business Opportunity ataupun hanya sekedar penggunaan merek.
Franchise di Indonesia di atur dalam PP No 42 tahun 2007 dalam PP tersebut jelas usaha franchise wajib memenuhi 6 kriteria waralaba yakni :
1. Memiliki ciri khas usaha
2. Terbukti sudah memberikan keuntungan
3. Memiliki standar ats pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis.
4. Mudah di ajarkan dan di aplikasikan
5. Adanya dukungan yang berkesinambungan dan
6. Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar.

Sumber : Be Entreprenur Be Rich With Franchise, Tri Raharjo; Rofian Akbar.